Wednesday, February 26, 2014

GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER


GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
Gerakan Pramuka adalah suatu organisasi yang ada di Indonesia. Organisasi ini muncul dar seorang pendiri The Boys Scout yaitu lord Robert baden powell of Gilwell. Di Indonesia pada tahun sebelum tahun tahun 1961 terdapat berbagai macam gerakan kepanduan. Akan tetapi berkat perjuangan angsa Indonesia, semua gerkan kepanduan pada waktu itu yang jumlahnya banyak, berhasil disatukan dengan satu gerkan kepanduan yaitu gerakan pramuka.
]P[]P]Gerakan Prmuka ini mempunyai cita-cita dalam pengenbangan karakter anak bangsa untuk membentuk karakter anak bangsa. Kepramukaan ini terdapat berbagai macam aspek pembelajaran apakah dari segi spiritual,emosional,social,jasmani dan rohani yang bertujuan untuk pembentukan karakterseorang anggota pramuka yang pada akhirnyapembentukan karakter bagi anak bangsa. Dalam pembentukan karakter, gerakan pramuka mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita tersebut.
Dalam pembentukan karakter dapat diwujudkan dengan adanya pramuka. Karena dalam kepramukaan terdapat berbagai macam pelatihan yang mengandung pendidikan untuk pembentukan karakter. Dalam kepramukaan terdapat berbagai macam permainan yang mengandung pendidikan, sistem beregu atau kelompok yang untuk memupuk sifat dan prilaku bertanggung jawab. Yang sangat membantu untuk pembentukan karakter dalam gerkan pramuka ialah adanya kode kehormatan yang terdapat dalam gerkan gerakan pramuka. Kode kehormatan inilah yang menjadi landasan gerak dalam kepramukaan dan menjadi cita-cita gerakan pramuka. Dalam kode kehormatan ini terdapat janji anggota pramuka dan norma-norma yang melandasi sikap dan prilaku anggota pramuka. Janji anggota pramuka dalam gerakan pramuka dinamakan Try Satya. Sedangkan norma-norma dalam gerakan pramuka disebut Dasa Darma.
Gerakan Pramuka dalam melakukan kepramukaan harus berdasar atau berpedoman kepada kode kehormatannya, agar terjadi pembentukan karakter anak bangsa. Janji anggota pramuka akan menjadikan seorang pramuka untuk mempertanggung jawabkan janjinya, sehingga akan terbentuk seorang pramuka yang bertanggung jawab. Begitupula Dasa Darma Pramuka menjadikan anggotanyauntuk selalu memperbaiki sikap dan prilakunya, karena norma tersebut akan memotivasi pada diri anggota pramuka untuk menjadi pramuka yang sebenarnya. Maka secara otomatis akan muncul seorang pramuka yang berkarakter mulia, yang pada akhirnya menjadikan pramuka akan bangsa yang mempunyai karakter yang baik dan mulia.
Dalam kepramukaan, para peserta diajarkan diajarkan bagaimana menerapkan kedisiplinan dengan memakai pakian seragam yang sesuai aturan dalam gerakan pramuka. Menggunakan waktu dengan baik serta memimpin dirinya maupun orang lain.
Dari semua pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Gerakan Parmuka sangat mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter anak bangsa. Karena dalamkeperamukaan terdapat norma-norma yang melandasi prilaku anggota pramuka untuk menjadikan seorang anggota pramuka yang mempunyai karakter yang baik dan mulia.SALAM PRAMUKA!!!!

2 comments: